Jumat, 05 Desember 2008

Bina Nusantara Computer Club (BNCC)

Bina Nusantara Computer Club (BNCCA)

TENTANG BNCC
Bina Nusantara Computer Club (BNCC) merupakan satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berbasiskan computer di BINUS University ini. BNCC telah berdiri selama 19 tahun dan terus memunculkan inovasi-inovasi dalam menjawab keinginan anggotanya untuk menjadi wadah bagi mereka yang berminat di bidang computer dan teknologi informasi. Selain itu, satu hal unique yang membuat BNCC berbeda dibandingkan computer club pada umumnya, BNCC juga memiliki berbagai pengembangan yang tidak hanya diimplementasikan di produk-produk IT saja seperti majalah dan project house, karena BNCC juga memiliki event organizer yang menyelenggarakan event-event IT.

FASILITAS ANGGOTA BNCC
Learning and Training (LnT)
LnT merupakan salah satu fasilitas pelatihan software yang akan diberikan khusus kepada anggota BNCC untuk pengembangkan technical skill mereka dengan materi-materi yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan di dunia kerja nantinya.
LnT ini diadakan di Sekretariat BNCC secara rutin (1 minggu sekali). Materinya yaitu :

  • Visual Programming (Visual Studio.Net, SQL Server)
  • Java Programming (J2SE, MySQL)
  • Web Design (Photoshop, Flash, Dreamweaver)
  • Web Programming (Dreamweaver, PHP, MySQL)
  • 3D Modeling (3d’s Max, Photoshop)
  • Audio Video Editing (Adobe After Effect, Adobe Premiere, Magix Music Maker)

Dan tentunya dengan fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung suasana belajar anggotanya seperti :

  • Pengajar yang kompeten di bidangnya
  • Ruang LnT yang full AC
  • Tersedia satu komputer untuk satu anggota

BNCC juga akan memberikan sertifikat kelulusan pada akhir tahun ajaran LnT, yang tentunya akan menambah portfolio para anggota BNCC sehingga akan membantu dalam persiapan ke dunia kerja nantinya.

FILE Magazine
Salah satu fasilitas yang nantinya didapatkan anggota berupa majalah free IT Lifestyle yang terbit dwibulanan yaitu FILE Magazine, majalah produksi BNCC sendiri yang berkonsepkan IT Lifestyle, dimana di setiap lembarnya berisi pembahasan mengenai IT serta perpaduan antara IT dan lifestyle. Majalah ini diedarkan di berbagai pick-up points seperti SMA, universitas, café & restaurant serta training center se-Jakarta yang telah bekerja sama dengan FILE. Anggota BNCC bisa dipastikan akan mendapatkan FILE Magazine secara rutin setiap 2 (dua) bulan sekali.

Member Forum (MF)
MF juga merupakan fasilitas yang akan diberikan khusus kepada anggota BNCC dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang edukatif, dengan harapan anggota BNCC tidak hanya memiliki potensi dalam technical skill tetapi juga dilengkapi dengan pengetahuan yang luas mengenai perkembangan IT di Indonesia.
Acara-acara MF :

  • MF IT Talk
    Kegiatan berformat seminar yang menghadirkan pembicara-pembicara baik dari dalam maupun luar negeri yang telah ahli di bidangnya.
  • MF Rally & MF Tour
    Kegiatan study tour ke berbagai perusahaan di Indonesia untuk mempelajari implementasi IT pada perusahaan tersebut. Contoh tujuan Rally dan Tour yang pernah diadakan BNCC adalah: Microsoft, Pertamina, Indofood, dll
  • MF Online Quiz
    Kuis Online seputar dunia IT yang menantang anggota-anggota BNCC untuk berkompetisi dan memenangkan hadiah-hadiah yang menarik.
  • MF Festival

Rangkaian acara untuk memeriahkan perayaan menyambut ulang tahun BNCC sebagai acara puncaknya. Di sini anggota akan dijamu dengan acara-acara yang menarik. Tidak ketinggalan pula acara makan-makan bersama tentunya.
Semua acara MF ini tentunya free khusus untuk anggota BNCC!

Account di www.bncc.net
BNCC mempunyai official site yaitu www.bncc.net. Melalui website ini, BNCC memberi informasi mengenai kegiatan BNCC yang akan segera dilaksanakan, dan juga informasi mengenai fasilitas-fasilitas anggota. Tentunya anggota BNCC akan mendapatkan account khusus dengan fitur-fitur menarik yang hanya dapat diakses dengan account tersebut. Salah satunya ialah fitur chatter box, di mana setiap anggota dapat berinteraksi langsung dengan anggota lainnya secara online. Selain itu, anggota BNCC juga diberi kemudahan untuk memilih secara online kelas LnT yang akan diikutinya. Melalui website ini pula, anggota BNCC bisa mendapatkan hadiah secara cuma-cuma dengan mengikuti Online Quiz yang akan di adakan 2 kali dalam setahun.

IT & Lifestyle Forum di forum.bncc.net
Selain official site, BNCC juga memiliki forum di http://forum.bncc.net. Forum online ini terbuka untuk publik sehingga dapat diakses oleh siapa saja. Melalui forum ini kita dapat saling berbagi ilmu dan pengetahuan di dunia IT karena banyak tutorial-tutorial menarik yang langsung disediakan oleh sesama anggota forum. Tentunya forum ini tidak hanya membahas tentang dunia IT saja, di forum ini juga ada topik-topik lain yang membahas tentang lifesyle juga, baik tentang BNCC, kehidupan perkuliahan, entertainment, online ataupun offline games, dan sebagainya. Selain itu, untuk user yg memiliki keaktifan dan kontribusi terbaik akan diberikan sebuah penghargaan yang dinamakan ”B’forA” (BNCC Forum Award).

Member Card
BNCC juga menyediakan Member Card bagi para anggotanya. Member Card ini tidak hanya untuk pengenal saja, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai kartu diskon pada merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BNCC.
Semua fasilitas yang diberikan ini membuktikan bahwa BNCC terus menerus memberikan pelayanan-pelayanan yang terbaik dan bermanfaat demi kepuasan para anggotanya.

KEGIATAN – KEGIATAN BNCC

fave
fave merupakan salah satu subdivisi di BNCC yang berperan sebagai research and development (R & D) serta project house BNCC. Sejak awal didirikan, fave telah banyak mendapat tawaran dan mengerjakan proyek IT dari perusahaan dan organisasi di luar BINUS. Apabila anggota BNCC ingin bergabung menjadi anggota subdivisi fave, maka ia diharuskan mengikuti serangkaian tes khusus untuk dapat masuk sebagai anggota subdivisi tersebut. Informasi lebih lengkap mengenai fave dapat dilihat di http://fave.bncc.net

Seminar, Workshop dan Exhibition
BNCC sering menyelenggarakan seminar, workshop, dan exhibition tiap tahunnya. Workshop yang rutin diadakan BNCC adalah workshop PC Assembling, selain itu BNCC juga mengadakan workshop Flash Animation, workshop Video Editing, dan workshop 3D Modeling. Workshop BNCC terbuka bagi publik, dan tentunya anggota BNCC akan mendapatkan potongan harga. BNCC juga mengadakan IT Exhibition baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Salah satu IT Exhibition yang telah diadakan BNCC baru-baru ini adalah Bion (BNCC Exhibition) 2008, yang diadakan dari tanggal 6-11 Mei 2008 di Mal Taman Anggrek Jakarta dengan tema “I’m Mobile”. Pada event ini, BNCC berhasil memecahkan Rekor MURI yaitu “Replika notebook terbesar di Indonesia”. Selanjutnya, BNCC akan menyelenggarakan BRAIN (BNCC Extraordinary IT Event) 2008 yang akan diadakan di balkon lt 2, 3, dan 4 Kampus Anggrek pada September 2008 ini. Dapatkan berbagai produk IT menarik dengan harga khusus dari vendor-vendor ternama di BRAIN 2008 ini.

HOW TO JOIN US??
Caranya sangat mudah untuk menjadi anggota BNCC. Tahap pertama yang harus dilakukan ialah mengikuti BNCC Launching. Tiket BNCC Launching bisa didapatkan di stand BNCC saat EXPO UKM/HMJ. Di BNCC Launching ini akan dijelaskan lebih detail mengenai fasilitas yang akan didapatkan oleh anggota selama satu tahun ajaran. Dengan mengikuti BNCC Launching, berarti Anda sudah satu langkah lebih maju untuk menjadi anggota BNCC.

INFORMASI
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan mengunjungi stand BNCC saat EXPO UKM/HMJ, atau bisa langsung ke sekretariat BNCC di Jl. Kebon Jeruk Raya no. 50 (samping Lippo Bank). Contact Person: JUNNY (0817 9831326)

Tidak ada komentar: