Senin, 26 Januari 2009

Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi di Indonesia

kami selaku tim AL-MULTAZAM COMPUTER CLUB JUGA MEGIKUTI BERITA YANG SEKARANG ADA DAN TERJADI DI INDONESIA YAITU GERHANA MATAHARI CINCIN



Bandung - Fenomena alam akan terjadi di Indonesia, tepatnya akan terlihat di lautan yang berada di wilayah Banten, Lampung dan sebagian perairan di Jakarta. Fenomena alam tersebut ditandai dengan munculnya gerhana matahari cincin, yang akan terjadi pada 26 Januari 2009.
Pada saat itulah para pengamat fenomena alam dan masyarakat dunia akan tertuju pandangannya kepada Indonesia, karena gerhana matahari cincin hanya bisa terlihat di sebagian wilayah Indonesia.
Hal ini dikatakan Direktur Observatorium Bosscha–ITB, Taufiq Hidayat, kepada SH di sela-sela menghadiri acara penanaman 1.000 pohon yang dilakukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) di kawasan Observatorium Bosscha–ITB Bandung, Kampung Sinopel, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (28/11).
Disebutkan Taufiq, pada tahun sebelumnya gerhana matahari cincin terjadi di China dan Rusia. Gerhana ini akan terlihat seperti lingkaran cincin berwarna kekuning-kuningan dengan lingkaran di dalamnya berwarna hitam legam, dan akan melintasi laut hanya selama lima menit. Namun, proses untuk membentuk seperti lingkaran cincin akan memakan waktu hingga berjam-jam. Sedangkan yang terlihat di laut Jakarta tidak seperti yang terlihat di Lampung dan Anyer (Banten).
Menurut Taufiq, gerhana matahari cincin jika dilihat dari laut di Jakarta akan berbentuk lingkaran cincin yang hampir berbentuk oval, dengan lingkaran hitamnya berada di bagian samping cincin. Fenomena ini bisa terjadi 2-3 kali setahun, tapi tidak semua orang bisa melihatnya tanpa alat peneropong khusus.
Gerhana yang terjadi di Indonesia nanti sebenarnya bisa dilihat dengan mata tanpa bantuan alat lain, tetapi Bosscha tidak menyarankan siapa pun untuk melihat dengan mata telanjang karena dikhawatirkan merusak kesehatan mata. “Saran kami, gunakanlah kacamata berfilter jika ingin melihat fenomena alam gerhana matahari cincin nanti,” pesan Taufiq.
(saufat endrawan)

Tidak ada komentar: